Penyebab sakit kepala saat haid dan cara mengatasinya menurut SehatQ

 

Indonesia Creative – Bagi seorang perempuan puber hingga dewasa tentunya akan mengalami haid, yaitu perubahan secara fisiologis dalam tubuh wanita yang terjadi secara berkala serta dipengaruhi oleh hormon reproduksi. Kondisi lain yaitu amenorrhea adalah kondisi dimana haid yang tidak kunjung datang yang juga dialami oleh beberapa wanita.

Biasanya saat sedang masa haid wanita akan merasakan efek samping seperti seperti sakit kepala, sensitif secara emosional, sakit perut, dan kondisi lain yang mungkin dirasakan oleh wanita yang sedang haid.

Salah satu efek samping dari haid adalah sakit kepala, biasanya hanya sakit kepala ringan namun bagi anda seorang wanita harus berhati-hati jika rasa sakit kepala yang disebabkan oleh haid semakin parah. Jika sakit kepala yang anda alami terasa normal berikut beberapa penyebab dan cara mengatasinya.

Penyebab sakit kepala yang sering dialami wanita saat haid

 

Seperti yang sudah dijelaskan di atas saat anda sedang mengalami siklus menstruasi kondisi hormon anda akan mengalami fluktuasi (kondisi hormon yang mengalami penaikan dan penurunan yang tidak menentu). perubahan hormon yang fluktuatif inilah yang menyebabkan sakit kepala saat haid bagi beberapa wanita

Berikut ini adalah beberapa penyebab sakit kepala yang dirasakan oleh beberapa wanita yang sedang haid :

 

1. Perubahan hormonal

 

Perubahan hormon estrogen dan hormon progesteron menjadi penyebab utama beberapa wanita mengalami sakit kepala saat haid. Kadar estrogen dan progresteron biasanya berada pada titik paling rendah tepat sebelum wanita mengalami menstruasi.

Artikel Terkait   Sering mengalami insomnia? Ternyata ini penyebab dan cara mengatasinya

Kadar hormon yang mengalami penurunan akan menyebabkan rasa sakit di kepala saat menstruasi, kondisi ini terkadang dirasakan beberapa hari sebelum datang bulan(menstruasi).

 

2. Rendahnya kadar zat besi

 

Sakit kepala juga kadang-kadang dirasakan oleh wanita yang baru selesai menstruasi, hal ini disebabkan oleh kadar zat besi di tubuh wanita yang telah selesai mentruasi mengalami penurunan. Dalam kata lain kadar zat besi di dalam tubuh wanita cukup rendah sehingga menyebabkan sakit kepala.

Kondisi ini biasanya dialami oleh wanita yang sedang menstruasi berat, yaitu darah dan jaringan yang keluar melalui vagina terlalu banyak. Hal ini menyebabkan wanita yang mengalami menstruasi berat akan kehilangan lebih banyak darah dan zat besi, sedangkan zat besi merupakan zat yang sangat penting dan dibutuhkan dalam pembentukan hemoglobin yang nantinya akan mengikat oksigen.

Jika tubuh kekurangan zat besi maka akan menyebabkan jumlah oksigen yang diangkut ke otak jadi berkurang, hal ini akan menyebabkan rasa sakit di bagian kepala wanita yang sedang menstruasi atau sesudah menstruasi.

Sebaiknya anda mengkalkulasi ulang BMI(Body Mass Index) atau berat badan anda menggunakan Kalkulator BMI saat anda selesai menstruasi, karena biasanya terjadi perubahan drastis yang dialami oleh beberapa wanita.

Di atas adalah beberapa penyebab sakit kepala yang dialami oleh beberapa wanita saat haid, untuk cara mengatasinya silahkan simak pembahasan di bawah ini.

 

Cara mengatasi sakit kepala saat haid

 

Bagi anda yang mengalami sakit kepala saat menstruasi, berikut adalah beberapa cara mengatasinya.

 

1. Minum obat pereda nyeri

 

Obat pereda nyeri dapat anda gunakan untuk mengatasi sakit kepala saat haid, dengan obat ini rasa sakit di kepala akan sedikit berkurang. Anda dapat membeli obat pereda nyeri di apotek terdekat, gunakan jangan berlebihan dan harus menggunakan resep dokter.

Artikel Terkait   Pijat Panggilan Medan : Titik Pijat Refleksi Untuk Mengatasi Beberapa Masalah Kesehatan

Ada beberapa obat pereda nyeri untuk meredakan sakit kepala saat haid seperti paracetamol, obat golongan NSAID seperti aspirin, naproksesn, dan ibuprofen.

 

2. Kompres dingin

 

Mengkompres kepala dengan kompres dingin juga dapat meredakan sakit kepala saat haid, cara ini bisa anda coba jika anda sedang mengalami sakit kepala ringan saat haid.

 

3. Latihan relaksasi

 

Terlalu banyak pikiran akan menyebabkan kondisi sakit kepala saat haid lebih parah, sehingga membuat otak rileks dan tidak terlalu banyak pikiran akan membuat otak anda sedikit beristirahat dan akan sedikit meredakan rasa sakit kepala saat haid.

 

4. Tidur cukup

 

Jika anda mengalami sakit kepala saat haid usahakan anda beristirahat atau tidur yang cukup dan teratur, karena jika anda kurang tidur atau waktu tidur anda tidak beraturan akan menyebabkan sakit kepala yang anda alami saat haid akan lebih parah.

Buatlah tidur anda senyaman mungkin dan usahakan tidur minimal 7 jam untuk memulihkan tubuh anda, karena dalam proses tidur bagian dalam tubuh anda akan mengalami beberapa proses pemulihan.

 

5. Terapi pijat

 

Memijat bagian tubuh tertentu juga dapat meringankan sakit kepala saat haid.

 

6. Akupunktur

 

Dan cara mengatasi rasa sakit kepala saat menstruasi adalah dengan terapi akupunktur, cara ini bisa anda coba jika anda mengalami sakit kepala ringan maupun sakit kepala berat (parah).

 

Demikian artikel tentang penyebab sakit kepala saat haid beserta cara mengatasinya, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda semua.

Beri Rating Untuk Artikel Ini post