Cara upgrade SSD dan RAM Laptop Asus M409DA ryzen 3 clean install

upgrade ssd asus m409da

Indonesia Creative – Asus M409DA merupakan laptop yang bisa di upgrade sesuai kebutuhan, anda dapat melakukan upgrade SSD dan upgrade RAM pada laptop ini. Mengingat sekarang banyak kebutuhan dan kepentingan yang memaksa laptop harus memiliki kinerja ekstra.

Asus mengeluarkan laptop ini pada 17 oktober 2019 dengan harga 5.799.000 untuk varian paling rendah dan termasuk laptop kategori mainstream dengan spesifikasi menengah. Asus VivoBook M409DA-EK302T dibekali prosesor AMD Ryzen 3-3200U dengn grafis onboard Radeon Vega 3, RAM onboard 4GB multi slot up to 12 GB, 1TB hdd, dn layar Full HD.

Dari spesifikasi tersebut RAM masih 4GB dan masih menggunakan SSD, tentunya sangat kurang jika ingin digunakan untuk menjalankan program berat contohnya game. Oleh karena itu, daripada anda ganti laptop, mending upgrade saja laptop anda. Anda dapat melakukan upgrade RAM dan SSD pada lapto asus m409da. Berikut kami sajikan tata cara upgrade SSD dan RAM pada laptop Asus M409DA, simak dengan teliti agar tidak terjadi kesalahan.

 

Upgrade SSD dan RAM Asus M409DA Ryzen 3 3200U

 

Sebelum melakukan upgrade kami ingin menyampaikan dulu, untuk jenis SSD yang bisa digunakan untuk ASUS M409DA adalah SSD NVME. Karena telah disediakan slot NVME PCI 3.0 sehingga HDD anda masih bisa digunakan untuk penyimpanan data, dan SSD sebagai sistem.

Untuk RAM DDR4 2400MHz SODIM, silahkan beli ram dengan spesifikasi yang sama untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Jika semuanya sudah siap, mari kita lanjutkan ke tutorialnya.

 

Tahap Pembongkaran cover bawah asus m409da

 

Langkah yang pertama kali dilakukan untuk upgrade SSD dan RAM asus M409DA adalah membongkar laptop dan memasang SSD dan RAM sebelum melakukan instalasi sistem operasi.  Langkah pertama, silahkan buka casing bagian bawah atau cover bawah. Caranya sangat mudah, anda hanya perlu menggunakan obeng untuk melepas 10 baut yang terpasang. Gunakan obeng yang masih bagus karena baut rawan rusak.

bongkar asus m409da
teknoreview.net

Setelah semua baut terlepas, selanjutnya anda perlu mencongkel salah satu sisi cover. Saran dari kami gunakan pick gitar atau sejenisnya yang tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis. Setelah di congkel, kletek ke semua sisi hingga cover D-Part tersebut terbuka sepenuhnya. Lakukanlah dengan perlahan dan berhati-hati, jangan gunakan benda tajam untuk mencongkel.

Artikel Terkait   Cara Mengaktifkan Pinjam Pulsa dan Data Darurat Smartfren

Setelah semua kunci cover terbuka, silahkan angkat cover tersebut dan anda akan melihat isi komponen dari laptop anda. Ada  beberapa slot ekspansi dan board layout Asus M409DA.

 

 

Anda sudah berhasil membongkar laptop asus m409da, sekarang anda dapat melakukan upgrade SSD dan RAM. Laptop ini merupakan salah satu laptop yang mudah di upgrade dan tidak memerlukan teknik khusus, sehingga anda dapat dengan mudah melakukannya sendiri. Slot SSD dan RAM di laptop ini menghadap ke bawah sehingga tidak perlu membuka bagian atas laptop dan bisa langsung memasang SSD dan RAM setelah melepas cover bagian bawah.

 

Upgrade RAM laptop Asus m409da

 

Anda dapat memasang RAM dengan jenis SODIM DDR4 4GB atau 8GB 2400MHz, karena laptop ini dapat upgrade RAM hingga 12 GB. Sedangkan untuk SSD laptop ini hanya menyediakan slot SSD jenis M.2 NVME, atau jika anda ingin menukar HDD anda ke SSD sata juga bisa, tetapi harus melepas HDD terlebih dahulu untuk diganti. Saran dari saya gunakan SSD M.2 NVME agar HDD anda bisa digunakan sebagai penyimpanan data. Jadi SSD untuk sistem C dan HDD untuk penyimpanan data D.

Laptop ini pada dasarnya sudah dibekali RAM 4GB onboard, dan memiliki 1 slot tambahan yang bisa anda gunakan untuk memasang RAM hingga 8GB jadi total maks 12 GB. Jika anda memasang RAM di slot kedua maka secara otomatis fitur dual channel memori di laptop anda akan otomatis aktif.

Untuk cara memasang ram di asus m409da sangatlah mudah, cukup sediakan RAM jenis SODIM yang sudah saya sebutkan di atas. Kemduian pasang RAM tambahan tersebut ke slo yang tersedia hingga tuas di sisi kanan dan kiri mengunci dengan pas, tidak mungkin terbalik karena jika anda memasang terbalik maka RAM tidak mungkin masuk atau bahasa mudahnya ngetrep.

 

 

RAM yang terpasang di motherboard berkecepatan 2400MHz, anda dapat memasang RAM yang memiliki kecepatan lebih tinggi pada slot ekspansi. Namun secara otomatis sistem akan menyesuaikan RAM yang memiliki kecepatan paling rendah.

 

Upgrade SSD di Laptop Asus M409DA

 

Artikel Terkait   Kode Remot TV Panasonic dan Cara Settingnya, Lengkap dan Terbaru 2022

Penyimpanan jenis SSD sudah mulai banyak digunakan saat ini, mengingat kecepatan read dan write yang lebih bagus jika dibandingkan dengan HDD. Biasanya banyak yang melakukan upgrade SSD hanya untuk sistem dan OS atau hanya untuk C nya saja, sedangkan HDD digunakan sebagai penyimpanan data atau D.

Hal ini cukup efektif untuk meningkatkan kinerja laptop anda, mulai dari kecepatan booting, transfer data, dan aplikasi. Anda akan merasakan perbedaan kinerja yang signifikan saat anda menggunakan SSD dibandingkan dengan saat anda masih menggunakan HDD.

Sebernarnya ada 2 cara yang bisa anda lakukan untuk upgrade ssd asus m409da, yaitu dengan cara clean install atau install ulang windows dan  menggunakan cloning. Namun yang akan di bahas di tutorial ini adalah teknik clean install, karena lebih aman dan lebih bagus. Karena sering terjadi eror saat menggunakan teknik cloning.

Untuk langkah-langkahnya andalah anda hanya perlu menyiapkan SSD jenis M.2 NVME, kemudian pasang di slot M.2 yang tersedia di laptop.

 

 

Kemudian siapkan installer windows yang bisa anda download melalui website resmi microsoft, pastikan anda memiliki lisensi original. Jika anda memiliki lisensi windows original maka lisensi tidak akan hilang meskipun melakukan install ulang, karena lisensi sudah terpasang di motherboard laptop anda. Windows akan secara otomatis membaca lisensi anda, sehingga anda tidak perlu khawatir kehilangan lisensi saat melakukan install ulang.

Proses install ulang tidak memakan waktu lama, hanya hitungan menit saja proses instalasi selesai. Silahkan ikuti saja step-step instalasi windows seperti biasanya, anda dapat mengatur sesuai keinginan anda. Jangan lupa hapus semua partisi HDD anda, lalu pilih disk 1 atau SSD sebagai disk sistem.

 

Perbandingan SSD dengan HDD

 

Sebenarnya anda pasti akan merasakan langsung perbedaanya saat laptop anda berhasil di upgrade, sebagai contoh saya melakukan upgrade SSD jenis M.2 NVME 256 GB. Saya beli dengan harga 500 ribuan di marketplace, untuk merek saya menggunakan merek VGen. Saya mengguakan SSD M.2 NVME sebagai Sistem OS C, dan HDD sebagai penyimpanan data D karena sayang kalo HDD 1TB dibuang. Dan berikut perbandingan antara SSD M.2 NVME dengan HDD.

 

data perbandingan ssd vs hdd

 

Sungguh perubahan yang signifikan, anda dapat menjalankan program-program berat dengan lebih lancar dan proses booting yang sangat cepat. Cocok bagi anda yang suka bermain game, karena setelah saya coba laptop asus m409da yang saya upgrade bisa untuk bermain pes 2019 secara lancar, bahkan sebelumnya saat masih menggunakan SSD laptop asus m409da saya tidak bisa membuka PES 2019 sama sekali.

Artikel Terkait   Cara download video capcut tanpa watermark, menghilangkan logo capcut

Testing dilakukan di program berat lainya yang biasa saya gunakan, saya mencoba menggunakan Android studio yang dulu sangat lamban saat masih menggunakan HDD. Namun setelah menggunakan SSD Android studio dapat digunakan dengan lancar bahkan bisa sambil multi tasking.

Satu lagi untuk multi tasking, perbandinganya sangat jauh saat laptop asus m409da saya saat masih menggunakan HDD dan saat sudah upgrade ke SSD. Saat masih menggunakan HDD untuk multi tasking google chrome dan VS Code aja kadang-kadang sering crash dan not responding, sedangkan saat menggunakan SSD bisa multi tasking 5 program sekaligus dengan lancar tanpa gangguan.

 

Upgrade Pendingin CPU VGA asus m409da

 

Laptop asusm409da dibekali dengan prosesor amd ryzen 3 3200u Radeon Vega 3, yang merupakan prosesor yang tidak terlalu panas. Saat kondisi IDLE suhunya normal antara 44 sampai 53 derajat celcius, tetapi saat bekerja terlalu keras suhu bisa mencapai 98 derajat celcius. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada komponen lain seperti kabel yang luntur, terbakar, dll.

 

 

Anda dapat mengatasinya dengan cara memasang pendingin tambahan seperti exhaust atau vacuum cooler. Dengan adanya pendingin tambahan maka udara yang dihembuskan fan dari sisi jauh motherboard ke arah heatsink chipset akan dibantu disedot keluar oleh vacuum coller. Dengan demikian suhu chipset prosesor dan grafis akan cepat dingin karena pendingnya lebih maksimal.

Itu dia cara upgrade SSD dan RAM asus m409da, laptop ini merupakan laptop yang terbuka dan sangat mudah untuk di upgrade untuk mendapatkan peforma yang lebih bagus. Anda dapat melakukan upgrade mulai dari SSD terlebih dahulu, kemdian RAM, dan terakhir Pendingin CPU.

 

Menurut anda lebih worth it mana antara upgrade SSD, RAM, dan pendingin atau membeli laptop baru yang memiliki spesifikasi lebih tinggi. Kalo saya sih mending upgrade, karena ngga punya duit aja buat beli yang baru. Kalo ada duit juga mending dipake buat keperluan lain yang lebih penting, tapi pendapat orang kan berbeda-beda, silahkan tulis pendapat anda di kolom komentar.

x
Loading...